Selamat HUT Infolahta Ke - 35

Minggu, 06 Februari 2011

DISINFOLAHTAD


 
DINAS INFORMASI DAN PENGOLAHAN DATA ANGKATAN DARAT

Adalah Badan Pelaksana Pusat di tingkat Mabesad yang menyelenggarakan fungsi khusus di bidang Pembinaan Sistem Informasi Angkatan Darat.

Wilayah tanggung jawab.

1. Sebagai Pembina Sistem Informasi Angkatan Darat berbasis teknologi terhadap seluruh satuan jajaran Angkatan Darat.

2. Sebagai Pelaksana Lapangan Kekuasaan Teknis (LKT) sistem informasi terhadap seluruh satuan infolahta Angkatan Darat.


RINGKASAN SEJARAH INFOLAHTA ANGKATAN DARAT.


1. LAHIRNYA BADAN INFOLAHTA ANGKATAN DARAT.

Organisasi Paban V SUAD/RENLITBANG, sebagai EMBRIO dari Badan Pengumpulan dan Pengolahan Data TNI AD, berdasarkan Surat Keputusan Kasad Nomor Skep/275/III/1976 tanggal 8 Maret 1976 diresmikan menjadi Dinas Pengumpulan dan Pengolahan Data TNI AD, disingkat DISPULLAHTAD. Sejalan dengan diresmikannya Dispullahtad ditingkat Mabesad, maka berdasarkan Surat Keputusan Kasad Nomor Skep/609/1976 tanggal 5 Mei 1976 dibentuk pula Badan Pengumpulan dan Pengolahan Data ditingkat Kotama/Lakpus (Bapullahta Kotama/Lakpus).

2. PERKEMBANGAN ORGANISASI DISINFOLAHTAD.

a. Berdasarkan Keputusan Kasad Nomor Kep/24/IX/1978 tanggal 19 September 1978 tentang Organisasi dan Tugas Dispullahtad dan Kep/25/IX/1978 tanggal 2 Nopember 1978 tentang Daftar Susunan Personel dan Peralatan, Orgas Dispullahtad disempurnakan kembali dengan kekuatan personel 212 orang.
b. Berdasarkan Keputusan Kasad Nomor Kep/14/IV/1985 tanggal 25 April 1985, Organisasi dan Tugas Dispullahtad dikembangkan dengan kekuatan personel dari 212 orang menjadi 262 orang.
c. Berdasarkan Keputusan Kasad Nomor Kep/1/II/1993 tanggal 26 Pebruari 1993, Dispullahtad mengalami validasi Organisasi dan Tugas, yang semula Dinas Pengumpulan dan Pengolahan Data TNI AD (Dispullahtad) divalidasi menjadi Dinas Informasi dan Pengolahan Data TNI AD disingkat Disinfolahtad dengan kekuatan personel 306 orang.
d. Berdasarkan Keputusan Kasad Nomor Kep/1/II/2003 tanggal 4 Pebruari 2003, Organisasi dan Tugas Dinas Informasi dan Pengolahan Data TNI AD kembali divalidasi dengan kekuatan personel dari 306 orang menjadi 244 orang.
e. Berdasarkan Keputusan Kasad Nomor Kep/20/IV/2005 tanggal 21 April 2005, Organisasi dan Tugas Dinas Informasi dan Pengolahan Data TNI AD kembali divalidasi dengan kekuatan personel dari 244 orang menjadi 258 orang.

3. PERKEMBANGAN ORGANISASI INFOLAHTA KOTAMA/BALAKPUS.

a. Berdasarkan Keputusan Kasad Nomor Kep/14/III/1979 tanggal 29 Maret 1979 tentang Organisasi dan Tugas Pengumpulan dan Pengolahan Data Kodam, Pullahta Kodam mengalami penyesuaian Organisasi dan Tugas.
b. Berdasarkan Keputusan Kasad Nomor Kep/64/IX/1985 tanggal 18 September 1985 tentang Organisasi dan Tugas Pullahta Kodam, Pullahta Kodam kembali mengalami penyesuaian Organisasi dan Tugas dengan kekuatan personel 73 orang.
c. Berdasarkan Surat Telegram Kasad Nomor ST/199/1993 tanggal 9 Maret 1993, sebutan Pullahta Kotama/Lakpus disesuaikan menjadi Infolahta Kotama/Lakpus.
d. Berdasarkan Peraturan Kasad Nomor Perkasad/12/VII/2007 tanggal 25 Juli 2007, Organisasi dan Tugas Infolahtadam mengalami validasi yang semula Badan Pelayan Staf Kodam menjadi Badan Pelaksana Kodam dengan kekuatan personel 63 orang.

4. PERKEMBANGAN SARANA UTAMA.

a. Mulai tanggal 8 Maret 1976, Dispullahtad menggunakan komputer IBM/S-370 sebagai sarana utama dan IBM/S-3740 sebagai Data Entry.
b. Mulai tahun 1981, Dispullahtad berganti sarana utama, dari IBM/S-370 ditingkatkan menjadi IBM/S-4341.
c. Pada tanggal 15 September 1992 pukul 19.30 WIB telah terjadi musibah kebakaran yang mengakibatkan Komputer Utama tidak berfungsi, sehingga Pengolahan data menggunakan fasilitas Departemen Keuangan Republik Indonesia.
d. Mulai tanggal 1 Maret 1996 Disinfolahtad telah sepenuhnya beroperasi dengan sarana Utama IBM/RISC-6000 sebagai pengganti IBM/S-4341.
e. Mengingat usia pakai sarana utama IBM/RISC-6000 tersebut sudah beroperasi + 7 tahun, maka pada tahun 2003 telah dilaksanakan penggantian sarana utama dengan menggunakan IBM/RISC-6000 P. Series.

5. PERKEMBANGAN KELENGKAPAN KESATUAN.

a. Hari Ulang Tahun . Berdasarkan Surat Telegram Kasad Nomor ST/12/1991 tanggal 4 Januari 1991, maka diberlakukanlah tanggal 8 Maret sebagai Hari Ulang Tahun Infolahta Angkatan Darat.
b. Pusara . Berdasarkan Surat Keputusan Kasad Nomor Skep/48/II/1996 tanggal 8 Pebruari 1996 telah disyahkan Tanda Kesatuan Disinfolahtad berupa Pusara bersesanti WIDYUTA AWASARA ANINDYA GUNA yang artinya secara umum adalah Cepat, Tepat dan Akurat.
c. Lagu Mars Kesatuan . Berdasarkan Surat Keputusan Kasad Nomor Skep/68/III/1996 tanggal 4 Maret 1996 telah disyahkan lagu �Mars Infolahta Angkatan Darat� , ciptaan Letkol Inf FX Pramudio.

6. PERKEMBANGAN PEMBINAAN KEMAMPUAN SUMBER DAYA PERSONEL PENGOLAHAN DATA ELEKTRONIS (PDE).

a. Sehubungan dengan adanya validasi Organisasi dan Tugas Disinfolahtad, berdasarkan Keputusan Kasad Nomor Kep/1/II/2003 tanggal 4 Pebruari 2003 Sekolah PDE Disinfolahtad dilikuidasi, maka penyelenggaraan pendidikan spesialisasi teknologi informasi/ke-Infolahta-an dilaksanakan oleh Bagtarlat Subdis Binfung Disinfolahtad.
b. Disamping program pendidikan yang diselenggarakan Bagtarlat Subdis Binfung Disinfolahtad, dilaksanakan pula program pendidikan diluar Disinfolahtad, baik dalam maupun Luar Negeri.
c. Berdasarkan ST Kasad Nomor ST/1320/2007 tanggal 19 September 2007, penyelenggaraan operasi pendidikan pengembangan spesialisasi yang merupakan pembinaan Disinfolahtad diselenggarakan oleh Pusdik Pengmilum Kodiklat TNI AD untuk periode TA. 2008 dan selanjutnya. Dalam hal ini Disinfolahtad bertindak selaku Pembina Fungsi dan pengemban Lapangan Kekuasaan Teknis (LKT).


TUGAS POKOK.

Disinfolahtad bertugas menyelenggarakan fungsi Pembinaan Sistem Informasi Angkatan Darat dalam rangka mendukung tugas Angkatan Darat.

Visi.

Infolahta Angkatan Darat yang solid, profesional, tangguh, modern, berwawasan kebangsaan dan dicintai rakyat serta mampu menyajikan informasi secara cepat, tepat dan akurat

Misi.
1. Mewujudkan Sistem Informasi Angkatan Darat berbasis teknologi secara terpadu.

2. Meningkatkan kualitas sumber daya manusia yang profesional sesuai perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.

3. Mewujudkan organisasi infolahta angkatan darat yang mampu menjawab tuntutan tugas.

4. Mewujudkan kesiapan materiil sistem informasi sesuai dengan kebutuhan dan perkembangan teknologi informasi.

FUNGSI UTAMA
1. Pembinaan Fungsi (Binfung)

Meliputi segala usaha, pekerjaan dan kegiatan yang terencana, terkendali dan terarah berkenaan dengan Organisasi, Pembinaan Personel Pengolahan Data Eletronis (PDE), Sistem dan Prosedur Sistem Informasi AD, Pembinaan Satuan, Penataran dan Pelatihan serta Penelitian dan Pengembangan.

2. Pembinaan Sistem Informasi Administrasi (Sisfomin)

Meliputi segala usaha, pekerjaan dan kegiatan yang terencana, terkendali dan terarah berkenaan dengan Pembangunan, Pengembangan dan Penyiapan Sistem Informasi Angkatan Darat di bidang Personel, Logistik serta Perencanaan dan Anggaran.

3. Pembinaan Sistem Informasi Kekuatan dan Lingkungan Operasi (Sisfokuat)

Meliputi segala usaha, pekerjaan dan kegiatan yang terencana, terkendali dan terarah berkenaan dengan Pembangunan, Pengembangan dan Penyiapan Sistem Informasi Angkatan Darat di bidang Pengamanan, Operasi dan Teritorial.

4. Pembinaan Materiil Sistem Informasi (Binmatsisfo)

Meliputi segala usaha, pekerjaan dan kegiatan yang terencana, terkendali dan terarah berkenaan dengan Pembinaan Peranti Lunak, Peranti Keras, Bahan Baku Suplies Komputer (BBSK) dan sarana pendukung lainnya.

5. Dukungan Pengolahan Data (Duklahta)

Meliputi segala usaha, pekerjaan dan kegiatan yang terencana, terkendali dan terarah berkenaan dengan Pengumpulan dan Pengolahan Data, Penyajian Informasi dengan menggunakan sarana komputer berdiri sendiri maupun dalam jaringan komunikasi data serta Dukungan Teknis lainnya.

0 komentar:

Poskan Komentar

INFOLAHTADAM IX/UDAYANA
Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More

 
Design by Erieka Budi Nugroho | Bloggerized by erieka budi nugroho - Premium Blogger Themes | Walgreens Printable Coupons